Pantai Lampu Satu, Mereka Perjalanan ke Pantai Merauke

Pantai Lampu Satu terletak di kawasan Kampung Buti, Merauke. Nama yang unik ini terinspirasi dari adanya sebuah mercusuar di sisi pantai ini yang memiliki sebuah lampu sebagai alat penerangnya. Pantai ini dapat menjadi pilihan untuk menikmati senja di Merauke.

Pantai Lampu Satu, dalam kompas.com, memiliki bentangan pantai yang landai dengan garis pantainya yang relatif panjang dan dipagari pepohonan kelapa. Pasir di Pantai Lampu Satu boleh jadi tak seputih mutiara dan fasilitas bagi wisatawan masih tergolong minim. Namun demikian, hal itu tak lantas mengurangi daya tarik pantai ini.

[caption id="attachment_2431" align="aligncenter" width="1024"] Keindahan alami Pantai Lampau Satu Merauke yang eksotis. (foto: c2.staticflickr.com)[/caption]

Pantai Lampu Satu yang berada di Laut Arafura ini cukup landai dengan ombak-ombak kecil sehingga aman untuk bermain anak-anak. Pasir pantai di sini yang bercampur lumpur membuat airnya terkesan cokelat keruh. Anda tidak dapat menemui bebatuan karang di sini, namun itu salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Pantai Lampu Satu ini.

Biasanya, sore hari merupakan waktu yang banyak dipilih warga dan kaum muda di Merauke untuk berkunjung dan menikmati suasana ke Pantai Lampu Satu. Menikmati keindahan sunset adalah suatu pengalaman yang paling ditunggu. Proses terbenamnya matahari hingga menghilang di balik cakrawala dapat diikuti dengan sangat jelas.

Hamparan pasir laut yang terlihat jelas saat surut tiba, menggoda pengunjung untuk mendatangi air pantai yang jauh sekali, diperlukan waktu yang cukup lama untuk berjalan kaki menuju ke tepian air pantai. Para traveler yang datang ada baiknya membawa sendiri peralatan wisata seperti alas karpet/tikar, payung ataupun terpal untuk menghindari terik mentari yang panas.

[caption id="attachment_2432" align="aligncenter" width="1024"] Perahu nelayan di Pantai Lampu Satu, saksi keindahan dan ketangguhan yang berpadu. (foto: kotamerauke.net)[/caption]

Perahu-perahu nelayan yang berjajar di tepi pantai, aktivitas para nelayan sebelum melaut menjadi pemandangan lain yang bisa disaksikan di pantai yang masih alami ini. Dalam kotamerauke.net, bila saat surut tiba, air pantai menjadi sangat jauh sekali dari bibir pantai, bisa mencapai beberapa kilometer, kapal-kapal nelayan dan nelayan-nelayan yang mencari ikan tampak terlihat seperti semut dari kejauhan.

Pantai Lampu Satu membuat traveler ingin mereka perjalanan ke pantai Merauke ini. Terlihat pula nelayan-nelayan yang sedang beraktifitas memperbaiki, menyiapkan jaring dan membangun kapal dan menanti fajar untuk melaut, mengarungi samudera mencari ikan, pemandangan yang begitu mengaduk batin.

Comments

Popular Posts