Uniknya Pulau Segajah di Bontang Kalimantan Timur

Kadang berwisata mainstream sudah membosankan, apalagi wisatanya umum dan mudah dijangkau. Di Indonesia, sebenarnya ada banyak wisata unik yang membutuhkan eksplorasi yang tidak biasa. Salah satu yang unik adalah wisata di Pulau Segajah, Bontang, Kalimantan Timur. Pulau ini terkenal unik, karena objek wisata alam ini menyajikan fenomena kemunculan pulau yang hanya beberapa jam saja. Layaknya Anda menonton film fantasyPirates of the Caribbean,” dimana ada pulau misteri yang hanya muncul beberapa saat.

Maka, karena Pulau Segajah hanya muncul pada siang hari, pihak otoritas pantai menetapkan jadwal kunjung mulai air laut surut sampai menjelang pasang. Sehingga Anda diperkenankan datang ketika siang sampai sore hari saja, karena Pulau Segajah hanya muncul saat air laut sedang surut saja.

Dalam laman ketahui.com, dikatakan bahwa muncul dan hilangnya pulau itu tidak lepas karena adanya pasang dan surut air laut. Maka, jika hari mulai sore, Anda harus segera meninggalkan pulau sebelum malam menjelang, sebab jika tetap tinggal, maka Anda pun akan ikut tenggelam bersama dengan pulau yang terendam air pasang.

[caption id="attachment_2398" align="aligncenter" width="3264"] Pulau Segajah, Bontang, Kalimantan Timur, dengan biota laur yang beraneka ragam. (foto: ksmtour.com)[/caption]

Pulau Segajah walaupun hanya pulau kecil seukuran “gajah,” namun jika Anda mengunjunginya, akan tampak hamparan panorama laut luas yang indah. Pulau ini dinamakan 'Segajah' karena bentuknya ketika 'muncul' di permukaan, memang seperti gajah. Nikmatilah berlarian dan santai di pulau yang seumuran jam saja ini dengan taburan pasir putih yang lembut. Tentu, siapkanlah topi atau payung untuk melindungi panas terik di tengah pulau kecil Segajah ini.

Sekali lagi, karena Pulau Segajah adalah pulau yang hanya muncul beberapa jam saja, maka tidak ada penginapan atau warung apapun. Untuk itu, perlu Anda persiapkan bekal agar Anda tidak kelaparan dan haus. Transportasi menuju Pulau Segajah bisa Anda tempuh dari Kota Bontang dengan dengan menyewa perahu. Lama perjalanannya, memakan hingga 20 menit.

Jika Anda ingin diving atau snorkeling usahakanlah membawa peralatan sendiri, karena di Pulau Segajah tidak disediakan. Pulau ini juga merupakan pulau buruan para fotografer yang hendak mengabadikan keunikan Pulau Segajah.

Comments

Popular Posts